Cara Memperbaiki Sinyal Yang Hilang Pada Android


Cara Mengembalikan Sinyal Yang Hilang Pada Android. Belakangan banyak yang bertanya kepada saya mengenai sinyal pada androidnya yang hilang seketika. masalahnya pun berbeda-beda, ada yang kesalahan dalam memilih mode jaringan, apn, dan yang paling sulit di duga adalah iconnya yang memang tidak ada/tidak terbaca oleh system di SystemUI. Dalam menembalikannyapun perlu waktu yang ekstra, karena harus mencari permasalahannya terlebih dahulu.

Baik, Sekarang akan kita bahas satu persatu.

Kesalahan Dalam Pengaturan Jaringan Seluler.
Masuk pada menu setting/selengkapnya/jaringan seluler/pilih jaringa/Pilih sim yang dipakai. Pada menu tersebut biasanya terdapat tiga menu, yakni diantaranya, mode jaringan, system jaringan, dan access point Names (APN).

  • Mode jaringan: Pastikan mode jaringa anda berada di Hybrid atau WCDMA. Mengapa, Logikanya, ketika pengaturan tersebu berada pada posisi EVDO saja atau GSM only, kekuatan sinya di luar itu tidak akan terbaca, sehingga dampaknya sinyal tidak akan muncul.
  • System Jaringan: pastikan berada pada posisi otomatis, itu akan mempermudah pencarian sinyal saat pergantian jaringan.
  • Access Point Names (APN): Berdasarkan pengalaman, ada pengguna android yang merubah APN dengan alasan ingin mempercepat koneksi internet, dan ketika ia berpindah tempat/daerah dia tidak menembalikannya lagi ke APN defaultnya. Perlu diketahui, dalam merubah APN jika koneksi anda semakin cepat, belum ditempat/daerah lain, kalau istilah yang sering saya ucapkan sih "Beda Tempat, Beda Rasa". Maka dari itu ketika anda merubah APN dan berpindah tempat/daerah jangan lupa untuk mengembalikan APN ke default, dikhawatirkan jaringannya malah semakin jelek, kalu makin bagus sih gakpapa..
Kesalahan dalam SystemUI
Hal ini pernah saya temui, saya juga belum tahu persis kenapa ini bisa terjadi,yang jelas waktu itu pengguna android telah mengganti sytemui yang dia inginkan, setelah beberapa hari digunakan semua proses berjalan normal, namun dihari ketiga tiba-tiba sinyal data pada android tersebut (yang tadi di ganti systemui nya) menghilang. Waktu itu hal yang saya lakukan adalah mengganti icin-icon sinyal data yang berda di systemui/res/drawablehdpi. Jika anda bingung dengan cara itu, gampangnya ganti aja systemuinya degnan yang benar-benar work di adnroid anda.

Kedua hal diatas pernah saya alami, dan saya belum menemukan penyebab lainnya, jika ada penyebab lain selain kedua kasus di atas, silahkan di share di kolom komentar, agar di diskusikan bersama.

Terima Kasih
Semoga Bermanfaat.

Keyword :
Cara Mengembalikan Sinyal Yang Hilang Pada Android
Cara memperbaiki sinyal di android hilang
Cara memperbaiki sinyal di android
Cara memperbaiki sinyal hilang diandroid

62comments:

  1. Masalah klasik sudah terjawab nih. Thanks

    ReplyDelete
  2. Jaringan sinyal internet saya hilang.
    Malah yg kartu3 sinyal darurat saja.
    Klo yg telkomsel tdk ada sinyal internet sama sekali. itu gimana ya??

    ReplyDelete
  3. bro gua rangga .
    knpa pada saat gua nyalahin data , tapi logo signal h+ nya gak ada . udh gua kutak katik dan gua pakai 3 ( kartu bafuk )

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zayn rangga . kasusnya sama persis kayak gue sekarang nih bro.. Sampe cape gimana lg . ada yg bilang kartu nya rusak, hadeeh

      Delete
    2. Jariangn Saya Hilang total tapi Kartux mAsuk ajah Baru tdk ada muncul jariangan,,Kartux Terbaca tapi tak ada dikenalnya Z sih kasi masuk kartu yang lain tetap begitu Sonata... Jadi bagaimana itu,saya punya HP merek sony experia M2

      Delete
  4. Sinyal inet saya sering tiba2 menghilang. Apalagi kalau dibuat game. Saya sudah ganti 3 provider dan semua hasilnya sama. Tolong bantuannya. Terimakasih

    ReplyDelete
  5. gan knpa yh sinyal saya mau di ganti ke3G/4G..gk bisa cuma bisa pake gsm only baru sinyal .muncul padahl udh sekali ganti kartu tetap ajh klu pake 3G/4G.pangilan darurat tru..bantuanya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dengan saya punya saya juga begitu bahkan semua kartu sim yang ada didunia ini pun tak bisa dibaca hpku hanya kartu tri aja yang bisa itu aja hanya bentuk G doang.

      Delete
  6. gan knpa yh sinyal saya mau di ganti ke3G/4G..gk bisa cuma bisa pake gsm only baru sinyal .muncul padahl udh sekali ganti kartu tetap ajh klu pake 3G/4G.pangilan darurat tru..bantuanya gan.

    ReplyDelete
  7. maaf gan sekalian konsultasi,di handphone saya jaringan terdeteksi namun tidak ada sinyal, sinyal juga kadang ada kadang engga. kira kira kenapa ya? masalah di hadware atau software? terimakasih

    ReplyDelete
  8. Bro...hp teman gw sinyal nya tanda silabg aja...kartu nya d masukin ke hp lain masih jalan...apanya yg kena ya bro...

    ReplyDelete
  9. Gan punya saya xiaomi mi4 . hbs utak atik di *#*#4636#*#* tiba2 jaringan gak ada tapi sim terbaca. Gimana solusiya gan ? Udah kembali ke pabrikan sama downgrade rom marsmalow ke kitkat gak efek. Mohon bantuan, untuk imei gak hilang punyaku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punyaku juga gitu aqu otak atik tapi hilang ini aja qu pake wifi terus

      Delete
    2. Punyaku juga gitu aqu otak atik tapi hilang ini aja qu pake wifi terus

      Delete
  10. Ane juga ni gan handphone ane lenovo P1ma40 kartu terbaca.tapi tidak ada sinyal sama sekali.sekalinya ada sinyal cuma 1 bar.mohon solusinya agan agan.makasih

    ReplyDelete
  11. Ane juga ni gan handphone ane lenovo P1ma40 kartu terbaca.tapi tidak ada sinyal sama sekali.sekalinya ada sinyal cuma 1 bar.mohon solusinya agan agan.makasih

    ReplyDelete
  12. Sya jga broo.....hp sya asus.tpi tiba2 jaringannya berbentuk kali. Itu gmna tuh broooo

    ReplyDelete
  13. gan saya dpt warisan hp xperia m c1905, tp sinyalnya gk mau kluar, pada setelan opsi "pilih operator jaringan" itu tulisanya transparan dan gk bisa di klik, udh saya coba hard reset pake laptop ttep aja gk mau kluar sinyalnya, kira2 solusinya apa gan? mhon bntuanya

    ReplyDelete
  14. gan saya dpt warisan hp xperia m c1905, tp sinyalnya gk mau kluar, pada setelan opsi "pilih operator jaringan" itu tulisanya transparan dan gk bisa di klik, udh saya coba hard reset pake laptop ttep aja gk mau kluar sinyalnya, kira2 solusinya apa gan? mhon bntuanya

    ReplyDelete
  15. LG L80 punya saya ga bisa jalan di wcdma/3G sudah dicoba cara diatas g jalan juga, gimana ya gan?

    ReplyDelete
  16. Hp saya sony xperia m2 dual yg dua sim
    Yg sinyal sim 1 nya hilang total udah satu hari sedangkan sim 2 nya normal saja
    Gimana cara memulihkan jaringan sim 1 nyA
    Mohon bantuan
    Padahal udah reset pabrik jga,

    ReplyDelete
  17. Hp saya sony xperia m2 dual yg dua sim
    Yg sinyal sim 1 nya hilang total udah satu hari sedangkan sim 2 nya normal saja
    Gimana cara memulihkan jaringan sim 1 nyA
    Mohon bantuan
    Padahal udah reset pabrik jga,

    ReplyDelete
  18. Mau tanya gan aqu kesalahan waktu aqu ketik *#*#4636#*#* terus aqu tes seluler habis itu qu pilih lanjutan titik tiga di atas terus pilih pita radio habis itu qu pilih usa brand habis itu sinyal hilang...gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas aku juga.. Udah ketemmu solusinya

      Delete
  19. Mau tanya gan aqu kesalahan waktu aqu ketik *#*#4636#*#* terus aqu tes seluler habis itu qu pilih lanjutan titik tiga di atas terus pilih pita radio habis itu qu pilih usa brand habis itu sinyal hilang...gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama apa udh ada solusi nya blom

      Delete
    2. Sama apa udh ada solusi nya blom

      Delete
    3. Sama apa udh ada solusi nya blom

      Delete
    4. Sama apa udh ada solusi nya blom

      Delete
  20. Hp saya samsung galaxy grand duos GT-I9082 pernah utak atik instal game mod gratisan buat android trus saya uninstal menyisakan sampah file yg td saya uninstal trus saya hapus pake aplikasi X-PLORER gk tau saya naro dimana trus saya apus nama sampah yg diunistal/program yg saya gk ngerti itu apa setelah diapus, sinyal seluler android bawaan HP saya gk bisa baca sinyal hp sama sekali/ilang jd tdk bisa telpon/SMS kalau udh gitu harus gmn ya caranya supaya sinyal seluler penuh padahal saya udh gonta ganti SIMCARD,brosing google,nonton youtube tp gk ada yg berhasil mohon bantuan file apknya/caranya. thx

    ReplyDelete
  21. Aaaa... seneng banget gan sinyal bisa balik, ternyata harus diubah ke WCDMA(preferred)/GSM :D

    ReplyDelete
  22. Gan tlongin ane, hp ane galaxy young tidak mau muncul icon jaringan internetnya, awalnya ane utak atik,ane root dan ada bbrapa aplikasi bawaan yg ane hpus, ane lupa apa aj yg ane hapus, smnjak itu hp ane jd sring eror trus ane main hapus aj tu aplikasi superusernya trus ane reset kmbali,dan hasilnya icon jaringan gk mau muncul udh ane coba tips di atas gk brhasil smua.

    ReplyDelete
  23. Mau tanya gan. Di experia m2 saya tadinya sim 1 sim 2 normal. Sim 1 pake axis trus kerubah band radio'a USA BAND trus langsung ilang gak bs baca lg sim1'a y. Itu cara ngrubah semula gmn cara'a y. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kayak gua bro,udh reset pa rik tetep aja sinyal ga muncul. ga tau neh musti ngapain lg. hp gw m2 1 sim

      Delete
  24. Gan tolong ada yg tau gk kenapa jaringan saya cuma 3g sama H doank pdhl dlu bisa H+ trus tiba2 udh 2 minggu ini H+ nya hilang cuma H sama 3G aja. Pdhal kalo kartunya di pindah k modem bisa H+ pls bntuin

    ReplyDelete
  25. bro,kenapa sinyal 3G gua gk ada padahal 4G nya ada?gua pake kartu telkomsel

    ReplyDelete
  26. Kenapa ya sinyal H atau H+ tidak bisa muncul pada LGV10 F600L padahal saya sudah setting ke pilihan GPRS/H otomatis tetapi tetep tidak muncul. Sinyal hanya muncul 3G dan LTE.
    Mohon bantuannya,terima kasih

    ReplyDelete
  27. sudah di coba gan tapi gk juga muncul sinyal nya
    imei juga valid tapi belum ktemu penyakit nya..

    ReplyDelete
  28. Aku punya samsung tab 3 t211 kenapa yaa kalau pake kartu telkomsel jaringannya suka hilang kalau mau balikin jaringannya harus di restart dulu baru ad mhn bnantuannya.

    ReplyDelete
  29. Gan kalo nomerIMEI ada tapi jaringan tidak ada trus saya coba ketik #*#*4636#*#* lalu saya masuk ke informasi telepon juga hasil nya sama yg kaya di atas gan gimana ya gan tolong bantuannya gan..

    ReplyDelete
  30. Aku juga sama sudah saya setting lewat pengaturan internet Dan *#*#4636#*#* tetep aja kalo sinyalnya tidak 4G sinyal langaung tidak Ada layanan

    ReplyDelete
  31. Bro, ini hp saya asus zefone go benar benar ga timbul sinyal nya, mau yg 2g/3g ga timbul, system yg di pengaturan sdh di cek tapi percuma ga keluar juga knp tu broo

    ReplyDelete
  32. Gan ane pake custom rom cm 12.1 tapi icon h+ sama indicatornya gk muncul padahal internet udah jalan, gimana cara munculinnya lagi gan, terima kasih.

    ReplyDelete
  33. Begini saya punya hp advan lolipop yang buat saya heran adalah jaringan advan saya tak ada satupun di rumah maupun di tempat lain. Tapi hanya satu tempat yang ada sinyalnya, itu berada di daerah kios saya. Kalau boleh tau bagaimana caranya biar supaya hp saya bisa lagi ada sinyal dimanapun dan kapan pun saya pakai . terima kasih ya

    ReplyDelete
  34. Slm kenal. Bro ane ada masalah dg hp Xiaomi note 4x. Signal 3/4g yahud bgt. Tp sinyal 2g lgsg berubah jd "PANGGILAN DARURAT SAJA". Mohon pencerahannya para suhu..... mumet ane ni....

    ReplyDelete
  35. Permisi saya mau tanya ,hp saya ZTE9820 4G ..
    Pernah di root dan yang jadi masalah ,saat sering menggunakan WiFi biasanya jaringan 4G langsung hilang/tidak terbaca dan pernah saya coba jaringan 4G LTE only tapi ga ada sinyal sama sekali bahkan sampe tidak ada layanan ..
    Ada yang tau gimana cara mengatasi masalahnya ?

    ReplyDelete
  36. Saya punya hp Sony experia m2, saya ga tau penyebabnya, saya pernah mencoba *#*#4636#*#* di situ saya lihat USA BAND saya coba tekan,, dan muncul tulisan berhasil, tapi setelah itu hp saya sinyalnya hilang paket data tidak dapat di gunakan,, mohon masakannya untuk permasalahannya,, terima kasih

    ReplyDelete
  37. Saya punya hp Sony experia m2, saya ga tau penyebabnya, saya pernah mencoba *#*#4636#*#* di situ saya lihat USA BAND saya coba tekan,, dan muncul tulisan berhasil, tapi setelah itu hp saya sinyalnya hilang paket data tidak dapat di gunakan,, mohon masakannya untuk permasalahannya,, terima kasih

    ReplyDelete
  38. Sy sudah mencobanya dgn *#*#4636#*#* tetep ga bisa, sya pun udah restar tpi tetap juga ga bisa, mohon masukannya terimakasi sebelumnya

    ReplyDelete
  39. kalau masih hilang perlu dibawa ketukang servis nih...
    blower infrared

    ReplyDelete
  40. Gan ni hp gwe hilang sinyal karna sistem UI nya tu caranya gmna yaa gan.?

    ReplyDelete